Senin, 03 Desember 2012

JURNAL 3


                                                        JURNAL 3


Pengarang :Mustafidah     11200259
Judul :   ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI EVALUASI ATAS KINERJA PERUSAHAAN PADA PT ARINIRIA ADIJASA”.

Tujuan dan rumusan penelitian ilmiah ini untuk mengetahui kinerja perusahaan, dimana pembatasan masalah ini  bagaimana  PT Ariniria Adijasa dalam memenuhi kewajibannya ditinjau dari segi  Likuiditas yang meliputi :  current ratio, Acid Ratio dan cash Ratio , Solabilitas meliputi :  Total Assetto total Debt dan Net Worth to Debt Ratio,dan Rentabilitas meliputi : Rate return on Net Worth dan Net Power Ratio.

Likuiditas adalah : Ratio yang memperlihatkan hubungan kas perusahaan dan aktia lancar lainnya terhadap kewajiban lancarnya.
           
Solvbilitas adalah : Merupakan kemampuan perusahaan, untuk memenuhi kewajiban finansialnya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apabila perusahaan solvabel berarti mempunyai aktiva atau kekayaan yang cukup untuk melunasi semua hutangnya.
           
Rentabilitas adalah:  Kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tersebut. Rentabilitas mampu menggambarkan tingkat laba yang dihasilkan, menurut jumlah investasinya.
           
Dari hasil Penulisan Ilmiah ini penulis menyimpulkan bahwa PT Arniria Adijasa bisa dikatakan  baik dalam memenuhi kewajibannya, perusahaan dalam kategori  Likuid dan Solvabel, dan ternyata perusahaan selalu mengalami peningkatan laba dari tahun ke tahun yang bersangkutan.


DAFTAR PUSTAKA 7 (1986-1996)



1.1  Latar Belakang
                Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap perusahaan  baik besar maupun kecil dalam segala aktivitasnya diarahkan pada pencapaian tujuan. Diantara tujuan  perusahaan mencapai provitabilitas, tingkat perkembangan dan kinerja manajemen yang baik. Tanpa adanya profit sulit bagi perusahaan untuk bertahan hidup atau melakukan ekspansi usaha dan sangat mungkin bagi perusahaan untuk menarik modal dari luar. Perkembangan perusahaan menggambarkan kemajuan-kemajuan perusahaan dalam aktifirasnya dan kinerja manajemen mencerminkan prestasi kerja dalam menjalankan usahanya.
                 Untuk menentukan  apakah perusahaan mencapai tingkat profitabilitas dan perkembangan usahanya serta kinerja manajemen, hal ini  dapat dilihat dari laporan keuangan yang disajikan pada akhir periode usaha yang kemudian diadakan suatu analisis atas laporan keuangan tersebut. Laporan keuangan perusahaan terdiri dari neraca dan laporan laba/rugi. Dengan analisis terhadap pos-pos neraca dapat diketahui gambaran tentang posisi keuangan perusahaan, sedangkan analisis laporan rugi-laba akan memberikan gambaran tentang hasil atau perkembangan usaha perusahaan. Dengan adanya analisis laporan keuangan perusahaan maka dapat dijadikan sebagai alat untuk memberikan kemajuan-kemajuan atau potensi perusahaan dalam beberapa periode.
              Adanya peran  PT . Ariniria Adijasa sebagai perusahaan jasa telekomunikasi untuk membangun dan menyebarluaskan telekomunikasi juga sebagai badan pemupuk dana melalui  perolehan laba atas kegiatan usaha tersebut. Maka dalam hal ini evaluasi atas laporan keuangan perusahaan PT. Ariniria Adijasa untuk menentukan potensi atau kemajuan-kemajuan tersebut sangat diperlukan baik pihak intern maupun ekstern, yang berguna untuk bahan pertanggung jawaban kepada pemilik dan juga sebagai dasar penentuan  investasi bagi pihak luar.     
                  Dengan laporan keuangan tersebut kita bisa melihat bagaimana kemajuan maupun kemunduran  pada PT. Ariniria Adijasa dan juga masalah- masalah  yang dihadapi, misalnya dalam memenuhi kewajibannya baik dalam jangka pendek dan jangka panjang maupun sebaliknya. Untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan jalan membandingkan elemen tertentu dari aktiva disitu pihak dengan elemen tertentu dan pasiva dilain pihak serta dengan beberapa elemen dari laporan laba/rugi. Dengan demikian maka perbandingan yang dilakukan dimaksudkan nantinya agar dapat mendukung segala keputusan yang akan diambil bagi kepentingan PT.Ariniria Adijasa yang bersangkutan.
                Berdasarkan hal tersebut diatas mendorong penulis untuk memilih judul ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI EVALUASI ATAS KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. ARINIRIA ADIJASA.

1.2  Rumusan Masalah
                Perumusan masalah dalam penulisan adalah bagaimanakah kinerja PT. Ariniria Adijasa dalam memenuhi kewajibannya ditinjau dari segi Likuiditas, Solvabilitas, dan keuntungan yang diperoleh dari segi Rentabilitas.

1.3   Batasan Masalah
              Dalam pernulisan ini penulis hanya menganalisis bagaimana PT.Ariniria Adijasa dalam memenuhi kewajibannya ditinjau dari segi  Likuiditas, Sol vabilitas, dan keuntungan yang diperoleh ditinjau dari segi Rentabilitas berdasarkan laporan keuangan periode 1999, 2000 dan 2001.
               Dalam hal ini penulis menggunakan Current Ratio, Acid Ratio dan Cash Ratio untuk Ratio Likuiditas, Total Asset to Total  Debt Ratio dan Net Worth to Debt Ratio untuk Solvabilitas, Rate Return on Net Worth dan Net Earning Power Ratio untuk Rentabilitas.
1.4  Tujuan Penelitian                                                                              
Tujuan penulisan ini adalah:
1.       Untuk dapat mengetahui tingkat Likuiditas perusahaan yaitu melihat      kemampuan perusahaan dalam melunasi hutang jangka pendeknya.
2.       Untuk mengetahui tingkat Solvabilitas PT. Ariniria Adijasa yaitu melihat kemampuan perusahaan membayar kewajibannya jangka pendek maupun jangka panjang.
3.       Untuk dapat mengetahui tingkat Rentabilitas perusahaan yaitu melihat perolehan laba yang diperoleh di tahun 1999, 2000 dan2001.

1.5  Metodologi Penelitian
          Dalam rangka penulisan ilmiah ini, penulis memerlukan data yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas. Pengumpulan data diperoleh dengan beberapa metode:
1.     Field Risearch  (langsung)
Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara interview langsung dengan beberapa pejabat dan karyawan PT. Ariniria Adijasa guna mendapatkan data yang konkrit serta up to date.
2.     Library Research (tidak langsung)
Pengumpulan data di dasarkan pada penyelidikan buku-buku yang berhubungan dengan penulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar