Senin, 03 Desember 2012

Jurnal 1


Jurnal 1


Pengarang : Jalesdin Formel Vanden  20298763
Judul : ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA PT. BENTALA GROUP


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau kerugian berdasarkan Analisis Laporan Keuagan.
Dengan metode penulisan berdasarkan studi pustaka dan studi lapangan,diharapkan adanya keselarasan antara teori dan realisasinya.
Analisa Laporan Keuangan sangat dibutuhkan oleh para pemilik perusahaan, manager perusahaan, para kreditor, investor, dan pihak – pihak lain.
Kondisi keuangan perusahaan hasil Analisis Laporan Keuangan dari tahun 2000 sampai dengan 2002 menunjukkan perusahaan dalam keadaan likuid. Trend Likuiditas yang dicapai dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2002 meningkat stabil. Kemampuan perusahaan dalam pemenuhan seluruh kewajibannya PT. BENTALA GROUP dalam keadaan solvable. Trend Solvabilitas dari ketiga tahun diatas mengalami naik turun.
Profitabilitas perusahaaan perbandingan laba bersih dan pendapatan menunjukkan adanya efisiensi.
Kesimpulan dari penulisan ini adalah perusahaan PT.BENTALA GROUP dari tahun 2000 sampai dengan 2002, bahwa kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan likuid dan perusahaan dalam pemenuhan kewajibannnya juga dalam keadaan solvabel.

1.1             Latar Belakang Masalah
Dalam pengertian umum laporan keuangan adalah setiap perusahaan dalam menjalankan dunia usahanya membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, baik dilihat dari segi keuangan usahanya maupun berbagai macam sarana pendukung lainnya agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan hasil pencatatan transaksi secara ringkas mengenai keadaan keuangan perusahaan dimana neraca mencerminkan aktiva, utang dan modal sendiri pada saat tertentu yang dituangkan pada laporan rugi laba yang biasanya terjadi dalam satu tahun.
Kondisi keuangan inilah yang diperlukan atau ingin diketahui oleh mereka yang berkepentingan terhadap perkembangan perusahaan. Maka untuk memperoleh gambaran tentang posisi keuangan tersebut adalah dengan mengadakan analisa terhadap laporan ugi laba dapat memberikan gambaran tentang hasil atau perkembangan perusahaan yang bersangkutan, dalam hal ini analisa laporan keuangan adalah suatu rasio yang mampu menggambarkan keadaan dan perkembangan perusahaan.
Jadi dengan mengadakan analisa yang telah disebut diatas maka akan dapat dinilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban – kewajiban jangka pendek, struktur permodalan, penggunaan aktivanya, hasil usaha yang telah dicapai, beban – beban tetap yang harus dibayar, informasi laporan ini sangat berguna bukan saja untuk pihak – pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan tetapi juga sangat penting bagi perusahaan dalam khususnya pimpinan perusahaan dalam penyusunan rencana dan kebijaksanaan lainnya diwaktu yang akan datang.
Untuk dapat melihat kinerja perusahaan maka berdasarka alasan – alasan tersebut diatas, maka rasio yang dapat dipakai : Rasio Likuiditas, yaitu tingkat kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya yang harus dipenuhi atau dengan kata lain menunjukkan tingkat kemampuan perusahaan untuk membayar utang – utang jangka pendek yang dimiliki. Rasio Solvabilitas, yaitu ketersediaan kas jangka panjang untuk memenuhi komitmen pada saat jatuh tempo. Rasio Profabilitas, yaitu kemampuan       
perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari usahanya. Rasio Aktivitas, yaitu rasio – rasio yang digunakan untuk mengukurseberapa jauh efektivitas penggunaan dana yang dimiliki oleh perusahaan yang bersangkutan.
Dengan latar belakang yang penulis uraikan maka penulis ingin membahas lebih lanjut tentang laporan keuangan dengan judul “ Analisis Laporan Keuangan pada PT BENTALA GROUP .”
1.2            1.2  Rumusan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis merumuskan masalah bagaimana penilaian kinerja perusahaan dengan menggunkan perhitungan rasio laporan keuangan PT  BENTALA GROUP ?
1.3          1.3    Batasan Masalah
Karena begitu luasnya masalah yang ada maka penulis membatasi analisis yang dilakukan pada PT BENTALA GROUP hanya laporan keuangan periode tahun 2000 sampai dengan 2002 yang menggunakan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas.
1.4           1.4   Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan adalah untuk mengetahui kinerja laporan keuangan perusahaan dengan mengadakan analisa pos neraca dan laporan rugi laba dan juga ingin mengetahui posisi rasio likuiditas, aktivitas, dan profitabilitas.
1.5           1.5   Metode Penelitian
Penulisan menggunakan dua metode, yaitu :
1.      Studi Kepustakaan.
Dengan cara membaca buku yang ada hubungannya dengan penelitian masalah yang sedang dibahas, guna mempermudah penyusunan hasil penelitian ini.
Mengajukan pertanyaan langsung kepada pihak perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar