Kamis, 19 April 2012

Kepemimpinan dalam segi situasi

Nama : Puspita Kartikasari
Npm  :  19210672
Kelas :  2ea17

Kepemimpinan dalam segi situasi terbagi atas 3 bagian, yaitu :

1. Model kepemimpinan Kontingensi
Model ini menyatakan bahwa gaya kepemimpinan yang paling efektif tergantung pada situasi yang dihadapi dan perubahan gaya bukan merupakan suatu hal yang sulit. Konsepsi kepemimpinan situasional ini melengkapi pemimpin dengan pemahaman dari hubungan antara gaya kepemimpinan yang efektif dengan tingkat kematangan (maturity) pengikutnya.

2. Model Kepemimpinan Vroom and Yetton
 Yaitu berfokus pada tingkat partisipasi yang diperbolehkan oleh pemimpin dalam pengambilan keputusan dan seleksi pendekatan yang akan memaksimalkan manfaat yang akan didapat kelompok dan pada waktu yang bersamaan, meminimalisasi gangguan pencapaian tujuan kelompok.  Teori ini juga memberikan serangkaian aturan untuk menentukan bentuk dan banyaknya pengambilan keputusan partisipatif dalam situasi yang berbeda – beda.  

3. Model Kepemimpinan Path-Goal Theory
Teori ini menjelaskan bahwa efektivitas seorang pemimpin didasarkan atas kemampuannya di dalam menimbulkan kepuasan dan motivasi para anggota kelompok dengan menggunakan rancangan insentif untuk penghargaan dan hukuman bagi mereka yang berhasil atau gagal dalam mencapai tujuan kelompok. 

Dalam materi ini saya akan mengangkat kasus tentang perusahaan Yahoo.
Untuk menyelamatkan masa depan perusahaan, Yahoo! mantap mengambil pilihan memecat karyawannya. Perusahaan itu akan memangkas 14 persen dari jumlah keseluruhan pegawai yakni sebanyak 2 ribu orang. "Keputusan yang dilakukan hari ini merupakan langkah penting untuk menegaskan Yahoo! yang baru," kata Scott Thompson, CEO Yahoo!, dalam pernyataan resminya. "Yahoo! akan lebih kecil, lebih gesit, lebih menguntungkan dan lebih siap berinovasi secepat kebutuhan konsumen dan industri. " Scott mengatakan, Yahoo! selanjutnya akan fokus pada bisnis inti, yakni memberi layanan kepada pengguna jasa layanan dan pemasang iklan online. Perampingan tersebut dikatakan akan menghemat biaya operasional sebesar USD 375 juta per tahun. Sejak menjabat di Januari 2012, Scott mendapat tugas berat mendongkrak Yahoo! yang terus tergerus Google dan Facebook. Sayangnya keputusan pemecatan besar-besaran ini diambil sebelum strategi baru perusahaan diputuskan. Perusahaan juga akan kembali mengumumkan masalah PHK ini setelah merilis laporan keuangan kuartal pertama, 17 April. Yahoo! tercatat mempekerjakan lebih dari 13 ribu pegawai di 25 negara. Pendapatan yang dihasilkan per karyawannya hanya setengah dari perusahaan sejenis lainnya pada tahun lalu. Karena itu para pemegang saham pun menekan Scott agar merombak total strategi bisnisnya.


Referensi :
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00018862.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar