BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Sumber Daya Manusia adalah salah satu sumber daya yang
sangat potensial untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Sehingga banyak
perusahaan yang mengubah sistem manajemen sumber daya manusianya dari sistem
yang tergantung peraturan dan prosedur menjadi suatu sistem yang mengacu pada
kebutuhan karyawan, sehingga dapat memberdayakan karyawan dalam rangka
meningkatkan prestasi kerja karyawan. Berbagai upaya yang ditawarkan oleh
kebanyakan perusahaan adalah dengan kompensasi, promosi, gaji, program
pelayanan kesejahteraan dan pelatihan. Namun semua hal tersebut kembali lagi
kepada diri karyawan itu sendiri, yakni
mengenai bagaimana tanggapan karyawan terhadap upaya-upaya perusahaan
untuk meningkatkan kinerja dan prestasi mereka.
Tanggapan karyawan sangatlah penting karena akan
berpengaruh terhadap produktivitas mereka dalam bekerja. Tanggapan ini dapat
terbagi antara setuju / tidak setuju, senang / tidak senang, puas / tidak puas
dan baik / tidak baik. Suatu program upaya yang akan dilaksanakan oleh
perusahaan akan berhasil dan berjalan dengan baik apabila kebanyakan tanggapan
karyawan adalah positif. Bila kebanyakan tanggapan karyawan adalah negatif,
maka sudah bisa dipastikan bahwa upaya yang dilakukan oleh perusahaan tingkat
keberhasilannya sangatlah kecil, sehingga pada akhirnya akan merugikan kedua
belah pihak yaitu perusahaan dan karyawan.
Program kesejahteraan terkait erat dengan kompensasi,
insentif, dan kepuasan kerja sebagai hasil dari adanya tanggapan tersebut.
Tujuan program kesejahteraan adalah untuk kepuasan kerja, stabilitas karyawan,
motivasi, disiplin, menjamin keadilan, menghargai perilaku yang diinginkan dan
memenuhi peraturan legal. Promosi merupakan bentuk dari kompensasi non financial rewards. Gaji adalah salah
satu dari kompensasi langsung. Kesejahteraan merupakan kompensasi tidak
langsung, seperti jaminan sosial yang termasuk di dalamnya adalah asuransi
tenaga kerja dan tunjangan - tunjangan lainnya dari perusahaan.
Program kesejahteraan karyawan diberikan perusahaan
untuk memenuhi kebutuhan karyawan di
luar gaji atau upah, akan tetapi juga sesuatu yang berbentuk tunjangan
dan fasilitas seperti : penyediaan kantin, penyediaan sarana ibadah, pelayanan
kesehatan, tunjangan hari raya dan lain sebagainya.
Dari uraian di atas dapat diidentifikasi bahwa faktor
yang mempengaruhi aktifitas kerja karyawan antara lain terdiri dari kompensasi,
promosi, gaji, program kesejahteraan. Dan berdasarkan uraian pada latar
belakang diatas, penulis kemudian tertarik untuk mengangkat topik ini dalam
suatu karya ilmiah berupa skripsi dengan judul “ PERSEPSI KARYAWAN ATAS PELAKSANAAN PROGRAM KESEJAHTERAAN PADA DIVISI PROGRAM MANAGEMENT
OFFICE PT. ANEKA PANGAN BERMUTU, Tbk. JAKARTA ”
1.2.
Pembatasan
Masalah
Agar penelitian lebih fokus dan karena keterbatasan
penulis, maka tidak semua permasalahan yang diuraikan pada latar belakang
masalah dapat diteliti oleh penulis. Untuk itu penulis membatasi obyek
penelitian pada program kesejahteraan. Adapun alasan penulis memilih program
kesejahteraan sebagai obyek penelitian, karena program kesejahteraan dapat
menumbuhkan suatu kepuasan yang tinggi dari karyawan serta akan menimbulkan
semangat kerja secara optimal sehingga peningkatan produktivitas kerja
tercapai.
Penulis juga memilih pegawai sebagai sampel dibatasi
hanya pada pegawai yang ada pada Divisi Program Management Office (PMO) PT.
Aneka Pangan Bermutu, Tbk. JAKARTA. dengan alasan penulis pernah bekerja pada
divisi tersebut sehingga dapat memudahkan dalam pengambilan data yang
dibutuhkan pada penelitian.
1.3.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka penulis merumuskan
masalah yang akan diteliti, yaitu: “Bagaimana Persepsi karyawan atas
pelaksanaan program Kesejahteraan pada Divisi Program Management Office PT.
Aneka Pangan Bermutu, Tbk Jakarta? ”
1.4.
Tujuan
dan Manfaat Penelitian
1.4.1.
Tujuan
Tujuan penelitian adalah untuk menjawab masalah yang
telah dirumuskan di atas, yaitu untuk mengetahui persepsi karyawan atas program
kesejahteraan pada Divisi Program Management Office PT. Aneka Pangan Bermutu, Tbk.Jakarta.
1.4.2.
Manfaat
Penelitian
Manfaat dari penelitian ini yaitu : sebagai bahan
studi oleh pihak manajemen perusahaan agar dapat dikembangkan lebih baik dan
juga sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanaan program kesejahteraan
karyawan di masa yang akan datang. Selain itu, diharapkan dapat menambah
wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi penulis, khususnya dalam masalah
program kesejahteraan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar