Jumat, 05 April 2013

METODE ILMIAH TENTANG PERSEPSI KARYAWAN ATAS PELAKSANAAN PROGRAM KESEJAHTERAAN PADA DIVISI PROGRAM MANAGEMENT OFFICE PT. ANEKA PANGAN BERMUTU, Tbk. JAKARTA


BAB I


       PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Sumber Daya Manusia adalah salah satu sumber daya yang sangat potensial untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Sehingga banyak perusahaan yang mengubah sistem manajemen sumber daya manusianya dari sistem yang tergantung peraturan dan prosedur menjadi suatu sistem yang mengacu pada kebutuhan karyawan, sehingga dapat memberdayakan karyawan dalam rangka meningkatkan prestasi kerja karyawan. Berbagai upaya yang ditawarkan oleh kebanyakan perusahaan adalah dengan kompensasi, promosi, gaji, program pelayanan kesejahteraan dan pelatihan. Namun semua hal tersebut kembali lagi kepada diri karyawan itu sendiri, yakni  mengenai bagaimana tanggapan karyawan terhadap upaya-upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi mereka.
Tanggapan karyawan sangatlah penting karena akan berpengaruh terhadap produktivitas mereka dalam bekerja. Tanggapan ini dapat terbagi antara setuju / tidak setuju, senang / tidak senang, puas / tidak puas dan baik / tidak baik. Suatu program upaya yang akan dilaksanakan oleh perusahaan akan berhasil dan berjalan dengan baik apabila kebanyakan tanggapan karyawan adalah positif. Bila kebanyakan tanggapan karyawan adalah negatif, maka sudah bisa dipastikan bahwa upaya yang dilakukan oleh perusahaan tingkat keberhasilannya sangatlah kecil, sehingga pada akhirnya akan merugikan kedua belah pihak yaitu perusahaan dan karyawan.
Program kesejahteraan terkait erat dengan kompensasi, insentif, dan kepuasan kerja sebagai hasil dari adanya tanggapan tersebut. Tujuan program kesejahteraan adalah untuk kepuasan kerja, stabilitas karyawan, motivasi, disiplin, menjamin keadilan, menghargai perilaku yang diinginkan dan memenuhi peraturan legal. Promosi merupakan bentuk dari kompensasi non financial rewards. Gaji adalah salah satu dari kompensasi langsung. Kesejahteraan merupakan kompensasi tidak langsung, seperti jaminan sosial yang termasuk di dalamnya adalah asuransi tenaga kerja dan tunjangan - tunjangan lainnya dari perusahaan.
Program kesejahteraan karyawan diberikan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan di  luar gaji atau upah, akan tetapi juga sesuatu yang berbentuk tunjangan dan fasilitas seperti : penyediaan kantin, penyediaan sarana ibadah, pelayanan kesehatan, tunjangan hari raya dan lain sebagainya.
Dari uraian di atas dapat diidentifikasi bahwa faktor yang mempengaruhi aktifitas kerja karyawan antara lain terdiri dari kompensasi, promosi, gaji, program kesejahteraan. Dan berdasarkan uraian pada latar belakang diatas, penulis kemudian tertarik untuk mengangkat topik ini dalam suatu karya ilmiah berupa skripsi dengan judul “ PERSEPSI  KARYAWAN ATAS PELAKSANAAN PROGRAM  KESEJAHTERAAN PADA DIVISI PROGRAM MANAGEMENT OFFICE PT. ANEKA PANGAN BERMUTU, Tbk. JAKARTA ”

1.2.         Pembatasan Masalah
Agar penelitian lebih fokus dan karena keterbatasan penulis, maka tidak semua permasalahan yang diuraikan pada latar belakang masalah dapat diteliti oleh penulis. Untuk itu penulis membatasi obyek penelitian pada program kesejahteraan. Adapun alasan penulis memilih program kesejahteraan sebagai obyek penelitian, karena program kesejahteraan dapat menumbuhkan suatu kepuasan yang tinggi dari karyawan serta akan menimbulkan semangat kerja secara optimal sehingga peningkatan produktivitas kerja tercapai.
Penulis juga memilih pegawai sebagai sampel dibatasi hanya pada pegawai yang ada pada Divisi Program Management Office (PMO) PT. Aneka Pangan Bermutu, Tbk. JAKARTA. dengan alasan penulis pernah bekerja pada divisi tersebut sehingga dapat memudahkan dalam pengambilan data yang dibutuhkan pada penelitian.

1.3.         Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka penulis merumuskan masalah yang akan diteliti, yaitu: “Bagaimana Persepsi karyawan atas pelaksanaan program Kesejahteraan pada Divisi Program Management Office PT. Aneka Pangan Bermutu, Tbk Jakarta? ”
1.4.      Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1.       Tujuan
Tujuan penelitian adalah untuk menjawab masalah yang telah dirumuskan di atas, yaitu untuk mengetahui persepsi karyawan atas program kesejahteraan pada Divisi Program Management Office  PT. Aneka Pangan Bermutu, Tbk.Jakarta.
1.4.2.       Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini yaitu : sebagai bahan studi oleh pihak manajemen perusahaan agar dapat dikembangkan lebih baik dan juga sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanaan program kesejahteraan karyawan di masa yang akan datang. Selain itu, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi penulis, khususnya dalam masalah program kesejahteraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar