Selasa, 20 Maret 2012

tugas perilaku keorganisasian


                                                           ORGANISASI
Adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang,mesin,metode,material), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :
  • Stone
    Simpan sebagai Konsep
    r mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

    Bentuk - Bentuk Organisasi :
  • Organisasi politik
  • Organisasi sosial
  • Organisasi Mahasiswa
  • Organisasi olahraga
  • Organisasi Sekolah
  • Organisasi Negara

               Manfaat Organisasi :
  1. Organisasi sebagai penuntun pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan  akan lebih efektif dengan adanya organisasi  yang baik. 
  2. Organisasi dapat mengubah kehidupan masyarakat. Contoh dari manfaat ini ialah, jika organisasi bergerak di bidang kesehatan dapat membentuk masyarakat menjadi dan memiliki pola hidup sehat. Organisasi Kepramukaan, akan menciptakan generasi mudah yang tangguh dan ksatria. 
  3. Organisasi menawarkan karier. Karier berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan. Jika kita menginginkan karier untuk kemajuan hidup, berorganisasi dapat menjadi solusi. 
  4. Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. Organisasi selalu berkembang seiring dengn munculnya fenomena-fenomena organisasi tertentu. Peran penelitian dan pengembangan sangat dibutuhkan sebagai dokumentasi yang nanti akan mengukir sejarah ilmu pengetahuan.

    Contoh Organisasi Dalam Kehidupan sehari-hari :
                 Di kehidupan masyarakat terdapat banyak organisasi yang bisa bermanfaat.salah satu contoh organisasi yang saya ikuti adalah organisasi Karang Taruna.yaitu organisasi yang kegiatannya berguna untuk kepentingan masyarakat disekitarnya.dalam organisasi  Karang Taruna saya menjabat sebagai Bendahara.salah satu tugas bendahara yaitu mengatur keuangan dalam



                                                            INTERPERSONAL
    • Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasidiantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahuibalikannya. (Muhammad, 2005,p.158-159).
    • Devito (1989), komunikasi interpersonal adalah penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera (Effendy,2003, p. 30).
    • Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orangorang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal. Komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi yang hanya dua orang, seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru-murid dan sebagainya (Mulyana, 2000, p. 73) 
    • Menurut Effendi, pada hakekatnya komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar komunikator dengan komunikan, komunikasi jenis ini dianggap paling efektif dalam upaya mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang, karena sifatnya yang dialogis berupa percakapan. Arus balik bersifat langsung, komunikator mengetahui tanggapan komunikan ketika itu juga. Pada saat komunikasi dilancarkan, komunikator mengetahui secara pasti apakah komunikasinya positif atau negatif, berhasil atau tidaknya. Jika ia dapat memberikan kesempatan pada komunikan untuk bertanya seluas-luasnya (Sunarto, 2003, p. 13). 

    FUNGSI INTERPERSONAL
    Fungsi Komunikasi interpersonal sebagai berikut:
    1. Untuk mendapatkan respon/ umpan balik.
    2. Untuk melakukan antisipasi setelah mengevaluasi respon/ umpanbalik.
    3. Untuk melakukan kontrol terhadap lingkungan sosial, yaitu kita dapat melakukanmodifikasi perilaku orang lain dengan cara persuasi

    Seringkali komunikan tidak saling memahami maksud pesan atau
    informasi dari lawan bicaranya. Hal ini disebabkan beberapa masalah
    antara:
    1. Komunikator
    a. Hambatan biologis, misalnya komunikator gagap.
    b. Hambatan psikologis, misalnya komunikator yang gugup.
    c. Hambatan gender, misalnya perempuan tidak bersedia terbuka terhadap lawan bicaranya yang laki-laki.
    2. Media
    a. Hambatan teknis, misalnya masalah pada teknologi komunikasi (microphone, telepon, power point, dan lain sebagainya).
    b. Hambatan geografis, misalnya blank spot pada daerah tertentu sehingga signal HP tidak dapat ditangkap.
    c. Hambatan simbol/ bahasa, yaitu perbedaan bahasa yang digunakan pada komunitas tertentu. Misalnya kata-kata “wismari” versi orang Jawa Tengah diartikan sebagai sudah sembuh dari sakit sedangkan versi orang Jawa Timur diartikan sudah selesai mengerjakan sesuatu.
    d. Hambatan budaya, yaitu perbedaan budaya yang
    mempengaruhi proses komunikasi.
    3. Komunikate
    a. Hambatan biologis, misalnya komunikate yang tuli.
    b. Hambatan psikologis, misalnya komunikate yang tidak berkonsentrasi  denganpembicaraan.
    c. Hambatan gender, misalnya seorang perempuan akan tersipu malu jika membicarakan masalah seksual dengan seorang lelaki.
            CIRI-CIRI INTERPERSONAL
  1.  Pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesansecara spontan baik secara verbal maupun non verbal.
  2.  Keberhasilan komunikasi menjadi tanggung jawab para perserta komunikasi.
  3. Kedekatan hubungan pihak-pihak komunikasi akan tercermin pada jenis-jenis pesan atau respon nonverbal mereka, seperti sentuhan, tatapan mata yang ekspresif, dan jarak fisik yang dekat.

    Tujuan Komunikasi Interpersonal Komunikasi interpersonal mungkin mempunyai beberapa tujuan,
    antara lain ( Muhammad, 2004, p. 165-168 ) :
    a. Menemukan diri sendiri
    b. Menemukan dunia luar
    c. Membentuk dan menjaga hubungan yang penuh arti
    d. Berubah sikap dan tingkah laku
    e. Untuk bermain dan kesenangan

    Efektivitas Komunikasi Interpersonal
    Efektivitas Komunikasi Interpersonal dimulai dengan lima kualitas umum yang dipertimbangkan yaitu keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness), dan kesetaraan (equality).( Devito, 1997, p.259-264 ).
    1. Keterbukaan (Openness)
    2. Empati (empathy) Henry Backrack (1976) mendefinisikan empati sebagai ”kemampuan seseorang untuk ‘mengetahui’ apa yang sedang dialami orang lain pada suatu saat tertentu, dari sudut pandang orang lain itu, melalui kacamata orang lain itu.” Bersimpati, di pihak lain adalah merasakan bagi orang lain atau merasa ikut bersedih. Sedangkan berempati adalah merasakan sesuatu seperti orang yang mengalaminya
    3. Sikap mendukung (supportiveness)
    4. Sikap positif (positiveness)
    5. Kesetaraan (Equality)

      Contohnya yaitu : Disebuah Universitas dapat kita temukan contoh nyata dari komunikasi interpersonal yaitu seorang dosen yang sedang menjelaskan materi kepada salah satu mahasiswa nya,dan contoh lainnya yaitu seorang penceramah yang sedang berceramah di masjid.

           PERILAKU INDIVIDU DAN PENGARUHNYA TERHADAP ORGANISASI
      Pengertian Perilaku Individu
      Perilaku individu adalah sebagai suatu fungsi dari interaksi antara individu dengan lingkungannya. Individu membawa tatanan dalam organisasi berupa kemampuan, kepercayaan pribadi, pengharapan, kebutuhan, dan pengalaman masa lainnya.

      Dasar-Dasar Perilaku Individu : Semua perilaku individu pada dasarnya dibentuk oleh kepribadian dan pengalamannya. Sajian berikut ini akan diarahkan pada empat variabel tingkat-individual, yaitu karakter biografis, kemampuan, kepribadian, dan pembelajaran.
      1. Karakteristik Biografis
      Karakteristik biografis merupakan karakteristik pribadi yang terdiri
      dari:
      a. Usia
      b. Jenis Kelamin
      c. Status Perkawinan
      d. Masa Kerja
      2. Kemampuan
      Setiap manusia mempunyai kemampuan berfikir masing-masing. Seluruh kemampuan seorang individu pada hakekatnya tersusun dari dua faktor, yaitu :
      a. Kemampuan Intelektual Ada tujuah dimensi yang paling sering dikutip yang membentuk kemampuan intelektual, yaitu:
      o Kecerdasan Numerik
      Kemampuan untuk berhitung dengan cepat dan tepat.
      o Pemahaman Verbal
      Kemampuan memahami apa yang dibaca dan didengar
      serta menghubungkan kata satu dengan yang lain.
      o Kecepatan Konseptual
      Kemampuan mengenali kemiripan dan beda visual dengan cepat dan tepat.
      o Penalaran Induktif
      Kemampuan mengenali suatu urutan logis dalam suatu masalah dan kemudian memecahkan masalah itu.
      o Penalaran Deduktif
      Kemampuan menggunakan logika dan menilai implikasi dari suatu argumen.
      o Visualilasi Ruang
      Kemampuan membayangkan bagaimana suatu objek akan tampak seandainya posisinya dalam ruang diubah.
      o Ingatan
      Kemampuan menahan dan mengenang kembali pengalaman masa lalu.
      b. Kemampuan fisik
      Kemampuan fisik memiliki makna penting khusus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang kurang menuntut keterampilan. Ada sembilan kemampuan fisik dasar, yaitu kekuatan dinamis, kekuatan tubuh, kekuatan statis, kekuatan, keluwesan extent, keluwesan dinamis, koordinasi tubuh, keseimbangan, dan stamina.
      3. Kepribadian
      Kepribadian adalah himpunan karakteristik dan kecenderungan yang stabil serta menentukan sifat umum dan perbedaan dalam perilaku seseorang.
      4. Pembelajaran
      Pembelajaran adalah setiap perubahan yang relatif permanen dari perilaku yang terjadi sebagai hasil pengalaman.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar