Senin, 25 Oktober 2010

Manusia dan Penderitaan

6.1 Penderitaan
     Penderitaan berasal dari kata derita.kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra yang artinya menahan atu menanggung.derita artinya merasakan atau menanggung sesuatu yang tidak menyenangkan.baik penderitaan lahir maupun batin.
dalam ajaran agama islam,banyak dijelaskan penderitaan manusia sebagai peringatan bagi manusia.
contoh tentang penderitaan yaitu :
     dalam riwayat Nabi Muhammad Saw,pun.diceritakan bahwa beliau dilahirkan sebagai anak yatim dan kemudian menjadi yatim piatu.yang dibesarkan kakeknya kemudian paman nya,beliau hidup kekurangan,bekerja sebagai penggembala kambing,dan bahkan sebagian hidupnya mengalami penderitaan yang luar biasa.
     contoh lain dari pahlawan kita yaitu bung hatta,yang beberapa kali menjalani pembuangan di tengah hutan irian jaya yang penuh belukar dan penyakit,namun berkat semangat dan perjuangannya.akhirnya ia bisa menjadi pemimpin di indonesia.

6.2 Siksaan
      Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani,dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani.akibat siksaan seseorang maka timbulah penderitaan.
Di dalam Kitab Suci Al-Quran diterangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia di akhirat nanti,yaitu siksaan bagi orang-orang musyrik,syirik,dengki,memfitnah,mencuri,makan harta anak yatim atau mengambil apapun yang bukan hak nya.
Siksaan yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari bnyk sekali kasusnya,dari yang pemerkosaan,pembunuhan,perampokan,hingga kekerasan dalam rumah tangga.yang seharusnya itu semua tidak terjadi.
sedangkan siksaan yang sifatnya psikis yaitu kebimbangan,kesepian dan ketakutan.
      phobia adalah suatu gejala dari suatu problema psikologis yang dalam,dan harus ditemukan,dihadapi,ditaklukan sblm phobia nya hilang.
kebanyakan awal munculnya phonia dikarenakan suatu tekanan pada waktu tertentu.
     penyebab seseorang merasa ketakutan :
- claustrophobia dan agoraphobia
- gamang :merupakan ketakutan apabila seseorang berada dalam ketinggian
- kegelapan :suatu ketakutan apabila seseorang berada dalam kegelapan.
- kesakitan :ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar