Minggu, 24 Oktober 2010

manusia dan cinta kasih

4.1 pengertian cinta kasih :
  • cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh unsur karsa,yang dapat berupa tingkah laku,dan pertimbangan pada akal yang menimbulkan tanggung jawab.dalam cinta kasih terdapat pula rasa kasih sayang dan kemesraan,belas kasihan dan pengabdian.cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab menciptakan keserasian,keseimbangan dan kedamaian dlm hidup dan dengan siapapun itu.jadi,kesimpulan nya adalah perasaan kasih sayang,kemesraan,belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab terhadap apapun.
  • 3 unsur tentang cinta :                                                                                                                    1.perhatian.                                                                                                                                  2.tanggung jawab.                                                                                                                              3.menghargai.
  • 3 unsur dalam segitiga cinta : 1.Keterikatan (cinta setia) adalah  perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai,segala prioritas hanya untuk dia.                                                                     2.Keintiman (cinta saudara) yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan  bahwa tidak ada jarak lagi,sehingga panggilan formal diganti dengan nama panggilan. 3.kemesraan (cinta rayuan) yaitu rasa ingin membelai  atau dibelai,rasa rindu apabila jauh atau lama tak bertemu,ucapan-ucapan  yang menyatakan sayang.dll
  • 3 tingkatan cinta  :cinta natural,cinta supranatural,cinta ilahi.
4.2 cinta menurut ajaran agama :
  •       berbagai macam bentuk cinta yaitu cinta kepada diri sendiri (QS.Al-adiyat,100:8,QS.Fushilat,41-49) ,-cinta kepada sesama,cinta seksual (QS.Ar Rum,30:21), -cinta kebapakan (QS.Maryam,19:4-6,QS Yusuf 12:84,QS.Hud 11:45), -cinta kepada allah (QS.Al imran,3:31), -cinta kepada rasul.
  • ayat-ayat Al-Quran tentang cinta
4.3 Kasih Sayang
  • Kasih Sayang adalah perasaan cinta, suka yang disertai dengan menaruh belas kasih didalam suatu hubungan,dan itu bukan cinta-cintaan lagi tapi sudah bersifat saling mengasihi dan saling menumpahkan rasa kasih sayang yang didalamnya ada tanggung jawab.
  • macam-macam cinta kasih dari orang tua :                                                                                           1.orang tua yang bersifat aktif,dan anak bersifat pasif.                                                                        2.orang tua yang bersifat pasif,dan anak bersifat aktif.                                                                 3.orang tua yang bersifat pasif,dan anak bersifat pasif.                                                               4.orang tua yang bersifat aktif,dan anak bersifat aktif.
  • conto-contoh tentang kasih sayang : seorang ibu yang sedang merangkul anaknya disaat anaknya sedang bersedih,seorang kakak yang menjaga adiknya yang sedang bermain.
4.4 Kemesraan
  • kemesraan adalah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang jatuh cinta.
  • contoh puisi tentang kemesraan :
4.5 Pemujaan.
  • pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan melalui upacara ritual.
4.6 Belas kasihan.
  • belas kasihan adalah rasa iba terhadap orang lain dan berusaha ingin memberi atau membahagiakan tanpa ada rasa pamrih.
  • cara menumpahkan belas kasih :memberiakan uang kepada orang yang tidak mampu,memberikan makanan dan pakaian kepada korban bencana alam, dan memberikan barang yang sudah tidak dipakai.
4.7 Cinta kasih erotis.
  • cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan sseorang lainnya. pada hakekatnya cinta kasih erotis bersifat eksklusif bukan universal dan juga barang kali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar