Selasa, 21 Desember 2010

Manusia Dan Tanggung Jawab

9.1 Pengertian Tanggung Jawab
       tanggung jawab adalah suatu keharusan untuk menanggung akibat yang ditimbulkan oleh perilaku seseorang dalam rangka menjawab sutu persoalan.
semua yang kita lakukan harus dipertanggung jawabkan sesuai aturan nya.
       Makna Tanggung jawab adalah siap menerima kewajiban dan tugas.dalam bentuk hal apapun.

9.2 Macam-Macam Tanggung Jawab
        1. Tanggung jawab individu terhadap dirinya sendiri.
Manusia harus bertanggung jawab terhadap akal pikirannya, ilmu, raga, harta, waktu dan kehidupannya secara umum. contohnya menjadi manusia yang taat pada peraturan dimana pun ia berada.
       2. Tanggung jawab manusia terhadap keluarga.
Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab terhadap anggotanya, karena dalam keluarga menyangkut nama baik keluarga. Tanggung jawab juga merupakan keselamatan, kesejahteraan dan kehidupan.
contohnya saing mengasihi dan melindungi terhadap anggota keluarganya.
       3. Tanggung jawab manusia terhadap masyarakat.
Manusia adalah makhluk yang saling membutuhkan dan memerlukan orang lain dalam hidupnya untuk mengembangkan dirinya. Manusia mempunyai kewajiban moral terhadap lingkungan sosialnya.
      4. Tanggung jawab manusia terhadap Bangsa dan Negara.
Tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Manusia yang melakukan kesalahan maka harus bertanggung jawab kepada negara.
contohnya membayar pajak.
      5.Tanggung jawab manusia terhadap Tuhan.
Tindakan manusia tidak lepas dari hukum Tuhan yang tertuang di kitab suci dalam berbagai macam agama. Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan kehdupan manusia itu mempunya tanggung jawab langsung terhadap Tuhannya karena masih saja banyak manusia yang bertingkah laku semaunya sendiri dan tidak memikirkan apa akibat yang telah diperbuatnya.
Manusia di dalam hidupnya selaku makhluk Tuhan selain dibebani tanggung jawab, mendapat hak dan juga mempunyai kewajiban, untuk melaksanakan hal-hal tersebut perlu pengabdian, bahkan pengorbanan. Berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menytakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasahn yang tidak mengandung pamrih suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlash semata mata. pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kita membaca atau mendengarkan kothbah agama dari kisag para tokoh agama atu nabi manusia memperoleh tauladan. Bagaimana semestinya wajib berkorban tanggung jawab dalam konteks pergaulan manusia adalah suatu keberanian.
Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas segala hal yang menjadi tanggung jawabnya. Ia jujur terhadap dirinya dan jujur terhadap orang lain, adil, bijaksana, tidak pengecut dan mandiri. Dengan rasa tanggung jawab, orang yang bersangkutan akan selalu berusaha memenuhi kewajibannya melalui seluruh potensi dirinya. Orang yang bertanggung jawab adalah orang mau berkorban untuk kepentingan orang lain ataupun orang banyak. Orang yang bertanggung jawab dapat memperoleh kebahagiaan, sebab ia dapat menunaikan kewajibannya dengan baik. Kebahagiaan tersebut dapat dirasakan oleh dirinya sendiri ataupun oleh orang lain/banyak. Sebaliknya orang yang tidak bertanggung jawab akan menghadapai kesulitan, sebab ia tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik dan tentunya tidak mengikuti aturan, norma serta nilai-nilai yang berlaku.
Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian, tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.
contohnya : menjalankan ibadah,menjauhi larangan Nya,saling meghargai antar umat beragama.

9.3 Pengabdian Dan Pengorbanan
      
A)     Pengabdian
    Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan, dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan, hal itu berarti mengabdi kepada keluarga. Lain halnya jika kita membantu teman dalam kesulitan, mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian, tetapi hanya bantuan saja.

B)     Macam-Macam :
  1. Pengabdian terhadap Tuhan YME., yaitu penyerahan diri secara penuh terhadap Tuhan dan merupakan perwujudan tanggung jawab yang diikuti oleh pengorbanan.Misalnya : shalat
 2. Pengabdian kepada Masyarakat, karena manusia hidup dan dibesarkan di dalam masyarakat sehingga pengabdian dan pengorbanan sebagai perwujudan tanggng jawab terhadap masyarakat.
 3. Pengabdian kepada Raja, yaitu suatu penyerahan diri kepada raja yang melindunginya.
d. Pengabdian Kepada Negara, pengabdian yang timbul karena seseorang merasa iktu bertanggung jawab terhadap kelestarian negara dan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
 4. Pengabdian kepada harta, karena seseorang menganggap harta yang menghidupinya. Sehinggga tindakannya semata-mata demi harta, bahkan rela berkorban untuk mempertahankan hartanya.
Jadi, hakekat pengabdian adalah merupakan usaha untuk memikul tanggung jawab dan melaksanakan kewajiban sebagai manusia.
C)     contoh :- seorang pembantu rumah tangga yang telah mengabdi sejak kecil kepada majikan nya.
                    - seorang anak yang mengabdikan dirinya untuk negaranya sebagai pelindung masyarakat.
D)     Pengorbanan : melakukan sesuatu,menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan.
E)     seorang ibu yang bekorban untuk anaknya demi kebahagiaan anaknya.
      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar